Pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 di Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjur Mulamula, Samosir, Sumatera Utara (Sumut).


SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 di Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjur Mulamula, Samosir, Sumatera Utara (Sumut).
 
Pembukaan dihadiri Bupati Samosir didampingi oleh Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal, SHub Int, Wakapolres Samosir Kompol ST Panggabean, Kasi Intel Kejari Samosir Richard NP Simaremare, Camat Sianjur Mulamula, Kepala Desa Hasinggaan pada Rabu (24/7/2024).

Saiful Rizal selaku Dansatgas TMMD menjelaskan kegiatan TMMD akan berlangsung mulai 24 Juli sampai 22 Agustus 2024 dengan sasaran kegiatan diantaranya, sasaran fisik berupa pembukaan jalan baru sepanjang 2.300 meter dari Dusun I menuju Lagundi Desa Hasinggaan, pembuatan gorong-gorong 2 unit, pembuatan DIK TPT sepanjang 60 Meter dan pembuatan Plat Dwiker 1 Unit.

Selain itu juga akan dilakukan pembangunan non-fisik berupa, penyuluhan PPBN oleh Kodim 0210/TU, penyuluhan Wawasan Nusantara oleh Kodim 0210/TU, penyuluhan Narkoba oleh Polres Samosir, penyuluhan hukum oleh Kajari Samosir, penyuluhan KB oleh Dinas P3APPKB Samosir, penyuluhan kesehatan dan stunting oleh Dinkes Samosir.

Lebih lanjut, Saiful Rizal menjelaskan dalam pelaksanaan TMMD ini, pihaknya mengerahkan personel gabungan 200 orang, yang terdiri dari TNI AD 90 orang, TNI AU 5 orang, TNI AL 5 Orang, Polres Samosir 10 orang dan masyarakat 50 orang. Sejumlah peralatan juga sudah dibawa ke lokasi seperti Excavator 3 unit, Bulldozer 1 unit, Breaker 1 unit, dan peralatan pendukung lainnya. Seluruh pembiayaan kegiatan ini adalah dari dukungan Pemerintah Kabupaten Samosir melalui APBD 2024.

Bupati Samosir Vandiko Gultom mengatakan, program TMMD saat ini menitikberatkan pembukaan akses jalan wilayah yang belum memiliki prasarana jalan di wilayah Desa Hasinggaan, dengan tujuan untuk percepatan mobilitas dan distribusi hasil-hasil pertanian dan komoditas lainnya yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung program Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba, khususnya di Samosir.

Di samping membuka akses jalan, juga dilaksanakan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat, yaitu manunggal air bersih dengan membangun beberapa sumur bor di tempat yang sulit mendapatkan air di beberapa tempat di wilayah Samosir, kegiatan penanaman pohon dan menjaga kebersihan lingkungan, berupa pembersihan eceng gondok di sekitaran Danau Toba, rehabilitasi rumah tidak layak huni dan mandi cuci kakus, pengurangan jumlah angka stunting termasuk kegiatan penyuluhan lainnya.

Ini adalah waktu kita untuk berkontribusi secara nyata, seiring membangun kekuatan sejati Indonesia melalui gotong- royong dan solidaritas, bersama kita tidak hanya membangun desa, tapi juga membangun masa depan bangsa yang lebih sejahtera dan lebih kuat,” pungkasnya. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.