Dicari Pemuda Indonesia yang Menginspirasi Pembangunan Bangsanya

Suasana Kongres Pemuda II tahun 1928.
JAKARTA, JO- Hari Sumpah Pemuda diperingati hari ini. Pemuda Indonesia pun didorong untuk menjadi inspirasi bagi pembangunan bangsanya, disamping santun, cerdas, berprestasi dan bertanggung jawab.

Untuk lingkungan Pemprov DKI Jakarta, hari ini digelar upacara peringatan Hari Sumpah pemuda di Lapangan IRTI Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (28/10). Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

"Kita membutuhkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi. Semoga bangsa Indonesia dapat memetik hikmah kandungan yang terdapat dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda," kata Jokowi dalam sambutanya.

Dikatakan, pemuda yang santun adalah pemuda yang berakhlak mulia, yang santun dalam perbuatan. Pemuda yang cerdas adalah pemuda yang mempunyai kreatifitas tinggi. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang bertanggung jawab.

Sedangkan pemuda yang inspiratif adalah yang mampu memberi inspirasi bagi pembangunan bangsa, memberikan generasi yang unggul dalam daya saing.

Sementara itu, menanggapi sejumlah aksi buruh yang rencana akan dilakukan hari ini, Jokowi
meminta agar buruh menuntut sesuai dengan logika.

Jokowi sendiri mengaku tak masalah dengan tuntutan para buruh tersebut. Dia menjelaskan bahwa penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) ditentukan oleh Apindo dan Serikat Pekerja.

Jokowi mengaku hingga saat ini, kesepakatan itu belum sampai kepadanya. Sehingga dia belum memiliki persiapan menghadapi tuntutan para buruh tersebut. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.