Masyarakat Kalideres Berharap Pemerintah Membangun Waduk

Lokasi waduk dekat komplek Citra 5 Kelurahan Pegadungan,
Kecamatan Kalideres, Jakbar.
JAKARTA,JO- Masyarakat Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) berharap agar Pemkot Jakbar dapat membangun waduk di wilayah mereka, untuk menampung luapan air dari kali kecil di sekitarnya seperti Kali Apuran, Semonggol, Kali Sepak, Kali Maja dan lainnya sehingga wilayah ini bisa bebas banjir.

Menurut Robert, 42, seorang warga RT 05/013, seandainya Pemkot Jakbar mau membebaskan sedikitnya 120 hektar lahan dari 400 hektar lahan kosong yang ada di daerah Jakbar ini, hal itu tentu akan sangat membantu pencegahan banjir.

"Kami mengharapkan kepada pemerintah agar lahan kosong di sekitar Jalan 1 Maret dan komplek Citra 5 dibebaskan dari pengembang , termasuk juga lahan milik warga untuk dijadikan waduk supaya pemukiman di wilayah ini bebas dari banjir," harapnya, di Jakarta, Senin(17/3).

Selain dibuatkan waduk, menurut Robert, warga juga meminta supaya saluran infrastruktur di wilayah ini dikeruk dan diperbaiki agar air bisa mengalir dengan lancar.

Secara terpisah, Camat Kalideres A Ya'la sepakat dengan warga bahwa waduk akan dapat membantu daerahnya keluar dari bencana banjir yang tiap saat melanda.

Dikatakan, lahan pemda memang sebagian yang digunakan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) tapi itu tidak cukup untuk buat waduk.

"Dari 400 hektar lahan kosong yang ada di kecamatan ini termasuk milik pengembang dan masyarakat sedikitnya 120 hektar saja dibebaskan buat waduk maka warga tidak lagi kebanjiran," ucapnya.

Camat berharap,sebagai pendukung agar terealisasi,pihak pengembang juga diminta turut berpartisipasi dan campur tangan membantu pemerintah.

"Kalau lahan sekitar 120 hektar bisa dibebaskan selain mau dijadikan waduk resapan air, juga akan diubah menjadi ikon wisata dengan menata sedemikian rupa. Jika hal itu bisa tercapai maka waduk kita jadikan ikon wisata satu-satunya di Jakbar," lanju A Ya'la.

Harapan masyarakat ini sudah lama diusulkan ke walikota. Walikota sebelumnya pun sudah menanggapinya namun keburu dipindah ke posisi lain. "Semoga bapak walikota yang baru juga bisa mewujudkan harapan masyarakat ini," harap Camat A Ya'la. (jo-6)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.