Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) R Achmad Rivai, SE,MM
foto bersama dengan Mahasiswa UPN Veteran Jakarta
dan dosen pembimbing di Mako Jakarta Pusat, Selasa (22/4).
 (foto: dispenarmabar)
JAKARTA, JO- Sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta mengadakan kunjungan ke Markas Komando (Mako) Koarmabar.

Rombongan mahasiswa ini diterima oleh Asisiten Operasi (Asops) Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Kolonel Laut (P) R Achmad Rivai, SE, MM mewakili Pangarmabar Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, SE,MM di Gedung Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari No 67 Jakarta Pusat, Selasa (22/4).

Dalam sambutan Pangarmabar yang dibacakan Asops Pangarmabar mengatakan, Koarmabar sebagai Komando Utama Operasional, bertugas menyelenggarakan operasi intelijen maritim guna mendukung pelaksanaan operasi tempur laut, menyelenggarakan operasi tempur laut dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) baik operasi gabungan maupun mandiri, menyelenggarakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) baik berupa operasi laut sehari-hari maupun operasi keamanan laut di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Lebih lanjut dikatakan Pangarmabar, selain itu Koarmabar juga sebagai Komando Utama Pembinaan, yang bertugas membina kemampuan dan kekuatan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), membina kemampuan peperangan laut, membina kesiapan operasional untuk melaksanakan OMP dan OMSP dalam rangka pengendalian laut serta proyeksi kekuatan ke darat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum dilaut sesuai kebijakan Panglima TNI serta membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan negara di laut yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasal.

Kunjungan mahasiswa FISIP UPN Veteran Jakarta, Jurusan Hubungan Internasional konsentrasi pengkajian strategis dan keamanan yang didampingi seorang dosen pembimbing ini dalam rangka memperdalam pengetahuan tentang sistem keamanan maritim Indonesia khususnya di wilayah yang menjadi tanggung jawab Koarmabar. Tujuan kunjungan tersebut untuk mendukung dan lebih melengkapi mata kuliah keamanan maritim yang diterima di bangku kuliah selama ini.

Sebelum mendapatkan pengetahuan secara detail tentang tugas pokok Koarmabar para mahasiswa UPN disuguhkan visualisasi profil Koarmabar melalui pemutaran video. Acara kunjungan studi ini diisi dengan diskusi dan tanya jawab dan diakhiri dengan tukar menukar cinderamata. Hadir dalam acara penerimaan kunjungan mahasiswa UPN Veteran ini, para pejabat teras Koarmabar. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.