Panglima TNI: Wanita TNI Bisa Menduduki Jabatan Operasional TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko  pada  Apel Bersama
Wanita TNI di lapangan Mabes TNI AU Cilangkap Jakarta,
Senin (21/4). (foto:puspen tni)
JAKARTA, JO- Selaku pimpinan TNI, Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan keinginannya untuk menciptakan prajurit Wanita TNI sebagai woman fighter pilot atau bisa menduduki jabatan operasional di lingkungan TNI.

Hal tersebut berkaitan dengan tuntutan global yang terus bergerak dinamis dan dalam konteks tugas TNI yang semakin tidak ringan, prajurit Korps Wanita TNI tidak boleh hanya bangga dengan semangat sebagai “melati pagar bangsa”, sebagaimana terkandung di dalam sesantinya tetapi harus membangun dan mengembangkan semangat tersebut.

Demikian sepenggal amanat Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko pada upacara Apel Bersama Wanita TNI di lapangan Mabes TNI AU Cilangkap Jakarta, Senin (21/4).

Lebih lanjut dikatakan untuk dapat menduduki jabatan operasional TNI tersebut sangat tergantung kepada semangat yang dapat ditunjukkan oleh segenap prajurit Wanita TNI, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas serta secara individu mampu mengeliminasi keterbatasan dalam rangka pengembangan tugas, yang bisa diemban oleh Wanita TNI, dengan tidak mengurangi kodrati sebagai wanita Indonesia.

Terkait dengan pengembangan kapasitas dan kapabilitas serta arah prospektif pengembangan peran Wanita TNI, saat ini sedang disiapkan 38 Taruni, dengan komposisi 16 Taruni Akmil, 10 Taruni AAL, 12 Taruni AAU, dan di tahun 2014 ini juga TNI akan membuka kembali penerimaan Taruni.

“Peluang yang telah terbuka ini harus menjadi titik tolak Korps Wanita TNI, untuk merumuskan rencana strategis secara kreatif komprehensif, guna peningkatan kemampuan,” ujar Panglima TNI.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kasad, Kasau, para pejabat teras Mabes TNI dan Angkatan serta Kapuspen TNI, ditutup dengan atraksi demo terjun payung oleh 17 personil TNI dan Polri, dilanjutkan dengan penampilan permainan angklung dari Saung Mang Udjo Bandung.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memeriahkan acara Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2014, yaitu Lomba Cerdas Cermat, menghias kue, Donor Darah dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.