Pesawat Kepresidenan "Indonesian One" Tiba di Aceh Lanjut ke Miangas, Merauke Hingga Rote

Pesawat Kepresidenan RI-001
JAKARTA, JO- Pada Rabu (16/4),pesawat Kepresidenan RI-001 yang dipanggil "Indonesian One" jika presiden ada di dalamnya, mulai melakukan uji coba terbang. Berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta pagi dan tiba di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar sekitar pukul 11.20 WIB.

Dari Aceh, "Indonesian One" mendarat di Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi pada pukul 14.30 waktu setempat dan lalu dalam status remain over night (RON) alias bermalam. Selepas RON pada keesokan harinya (17/4), pesawat kepresidenan itu akan kembali mengudara menuju Pulau Miangas di utara Manado.

Terbang rendah di udara Pulau Miangas, pesawat jenis Boeing Business Jet 2 itu akan melanjutkan perjalanan ke Merauke, dan dalam perjalanannya ke Jakarta, pesawat akan kembali terbang rendah di atas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), pulau terluar Indonesia di Selatan.

Komandan skuadron udara TNI AU Letnan Kolonel Penerbang Ali Gusman bertindak sebagai pilot-in-command pada penerbangan uji coba itu.

Selain Gusman, turut juga 11 personel pengawak dari TNI AU bersama sejumlah pejabat negara, di antaranya Kepala BIN Marciano Norman, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emisryah Satar, Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsuddin, Wakil Kepala Staf TNI AU, Marsekal Madya TNI Sunaryo, Asisten Operasi Kepala Staf TNI AU Marsekal Muda TNI Bagus Puruhito, dan puluhan yang lain.

Sebelumnya, Mensesneg Sudi Silalahi mengatakan, cat warna biru di pesawat RI 1. Sudi meminta agar warna itu jangan dikaitkan dengan urusan politik.

Menurutnya, warna biru dipilih karena banyak pesawat-pesawat kepala negara seperti Amerika itu didominasi oleh warna biru. Selain itu, angkasa yaitu warna biru dan ini bagian dari kamuflase bagian keamanan dan yang mengoperasi pesawat ini adalah Angkatan Udara, seragam mereka juga berwarna biru.

Dikatakan, warna pada pesawat itu didesain oleh TNI AU. ada beberapa alternatif yang dikemukakan sebelum pengecatan dilakukan, tapi semua ada birunya. (jo-10)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.