Fasos di DKI Dibangun Gardu, PLN Bangun PLTU dan PLTG di Pulau Seribu

Basuki T Purnama
JAKARTA, JO- Pemprov DKI Jakarta tidak mau anggap remeh soal kebutuhan listrik yang akan semakin meningkat ke depan. PLN pun diajak bekerja sama untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Kepulauan Seribu.

Sementara itu, Pemprov DKI akan mempersiapkan dukungan lain yakni semua fasilitas sosial (fasos) yang menjadi milik pemprov untuk dibangun gardu listrik. Disamping membuat ducting untuk membenahi penanganan perbaikan kabel-kabel PLN.

Dengan ducting khusus, diharapkan tidak ada lagi kegiatan penggalian tanah yang berpotensi merusak jalan di ibu kota.

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) di Jakarta, Jumat (16/1). Menurut Ahok, DKI membutuhkan pasokan listrik lebih banyak lagi khususnya untuk kebutuhan transportasi publik mass rapid transit (MRT) yang diperkirakan rampung pada 2018.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Ahok juga menyebut, Pemprov DKI dan PLN juga telah sepakat agar kapasitas produksi listrik di kedua pembangkit yakni Muara Karang dan Tanjuk Priok ditambah.

Alasannya, karena di kawasan utara Jakarta tersebut akan banyak pembangunan super blok dan resort sehingga perlu ada persiapan awal, khususnya masalah ketersediaan pasokan listrik.

Menurut Ahok, Muara Karang akan ditambah kapasitasnya menjadi 500 Mega Watt dan Tanjung Priok menjadi 250 Mega Watt.

Dalam kerja sama dengan PLN itu juga diatur PLN nanti akan menyewa ducting kepada Pemprov DKI sehingga PLN tidak perlu menggali-gali lagi. Kawasan superblok harus bikin SIPPT atau IMB, serta wajib menyediakan ruang bawah tanah untuk gardu, PLN nggak perlu sewa," paparnya.

Namun, Ahok juga meminta, PLN membantu Pemprov DKI dalam upaya menghapus kawasan kumuh di ibu kota. Salah satunya, untuk tidak lagi memasang listrik di kawasan terlarang. (jo-3)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.