Gubernur Setuju Tarif Angkutan Turun Rp500, Kopaja dan Metromini Tetap

Kopaja
JAKARTA, JO- Pemprov DKI Jakarta menyutujui pengurunan tarif angkutan umum di DKI Jakarta sebesar Rp500 sebagai konsekuensi dari penurunan harga BBM yang dilakukan pemerintah.

Usul penurunan Rp500 itu datang dari Organisasi Angkutan Darat(Organda) DKI Jakarta, dan telah dibahas pada Senin (19/1) kemarin oleh Dinas Perhubungan DKI dengan pihak Organda.

Penurunan tarif yang diusulkan yakni untuk bus sedang (AC) dari Rp 7.500 menjadi Rp 7.000, bus besar (AC) dari Rp 9.500 menjadi Rp 9.000, dan bus kecil dari Rp 4.000 menjadi Rp 3.500. Tetapi untuk tarif Kopaja, Metromini, dan Mayasari Bhakti non AC tidak ada penurunan tarif alias dengan tarifa tetap Rp 4.000. Alasannya karena melihat kemampuan dari ketiganya.

Seperti disampaikan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok), pihaknya ikut saja dengan keputusan yang diambul Organda khususnya soal tidak turunnya tarif untuk Kopaja, Metromini, dan Mayasari Bhakti non-AC. Tarifnya tetap Rp 4.000.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

"Sekarang saja mereka sudah megap-megap, apalagi kalau diturunkan lagi, napasnya putus nanti," ucapnya.

DIkatakan, BUMD Transjakarta akan membeli bus sedang sebagai peremajaan angkutan umum. Sehingga baik Kopaja dan Metromini akan bersaing dengan bus-bus baru.

Nantinya jika sudah bergabung dengan BUMD Transjakarta, maka akan dibayar per kilometer. Sehingga sopir juga akan digaji sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).

"Ini adalah salah satu cara untuk peremajaan angkutan umum di ibu kota. "Kami akan membayar rupiah per kilometer. Pengusaha angkutan umum tetap untung, sopir juga dikasih gaji 2 kali UMP, itu yang mau kita lakukan," katanya. (jo-3)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.