Basuki T Purnama
JAKARTA, JO- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Senin (18/5) besok akan melantik sebanyak 649 pejabat eselon III dan IV, di halaman Balai Kota, Jakarta.

Dari 649 pejabat itu, sebanyak 41 pejabat distafkan atau didemosi atau yang di-grounded, 174 orang dipromosikan jabatannya, 352 pegawai dirotasi dengan SKPD yang sama, dan 13 pejabat pindah ke SKPD lain.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Agus Suradika di Jakarta, hari ini, menjelaskan untuk memilih pejabat-pejabat ini, instansinya tidak melakukan seleksi terbuka seperti yang diberlakukan untuk pejabat eselon II dan I. Rotasi pejabat ini ditentukan dan dinilai oleh Kepala SKPD terkait.

Sementara terkait 41 pejabat yang didesmosi, kata Agus, antara lain karena kinerjanya dianggap rendah, tidak punya usaha untuk memperbaiki diri, mendapat teguran berkali-kali.

"Jadi banyak faktor yang menyebabkan pejabat itu didemosi," ujar Agus.

Dikatakan, Kepala SKPD memiliki kewajiban untuk memutuskan apakah organisasinya berjalan lancar atau tidak.

"Jika kinerja anak buah ada yang dirasa menghambat jalannya program unggulan, Kepala SKPD memiliki wewenang untuk menjadikan staf atau memindahkan pejabat tersebut," begitu Agus. (jo-3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.