Dua Heli Jatuh di Sekolah, Dua Dubes dan Dua Isteri Dubes Tewas

Lokasi jatuhnya heli yang ditumpangi para dubes dan isteri.
JAKARTA, JO- Dua duta besar dan dua isteri dubes dari negara yang berbeda tewas dalam kecelakaan helikopter, kemarin, yang jatuh di sebuah sekolah di Pakistan bagian uatara. Para diplomat lainnya, yang meliputi warga Pakistan maupun asing mengalami luka-luka.

Pertanyaan besarnya adalah apakah ini sebuah insiden atau diserang?

Militer Pakistan meyakini masalah mekanik pesawat menjadi penyebab jatuhnya heli Mi-17, menurut juru bicara militer Jenderal Asim Bajwa seperti dikutip CNN. Selain dua dubes, dan dua isteri dubes, dua pilot heli juga dikabarkan tewas dalam peristiwa naas ini.

Namun seorang juru bicara Tehreek-e-Taliban Pakistan atau lebih dikenal TTP atau Taliban Pakistan menyebut peristiwa ini bukanlah insiden. Anggota militan menggunakan rudal permukaan yang menyebabkan jatuhnya pesawat menurut Mohammed Khurrassani.

Jubir Taliban juga menyebut militan sebelumnya telah menargetkan PM Nawaz Sharif yang ikut dalam kunjungan ke Naltar Valley itu. PM Nawaz Sharif sendiri tidak termasuk di dalam delegasi itu.

Dubes yang tewas itu adalah Dubes Filipina Domingo D. Lucenario Jr; dan Dubes Norwegia Leif Larsen. Kemudian isteri Dubes RI Heri Listyawati Burhan Muhammad; dan isteri Dubes Malaysia untuk Pakistan Datin Habibah Mahmud.

Dalam sebuah pernyataan, Filipina menyebut Lucenario yang berusia 54 tahun adalah diplomat karir yang selama ini banyak pengalaman diantaranya di jerman, Hong Kong, Australia, Afghanistan dan Kenya, termasuk di 12 negara Afrika. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.