SBY bersemangat kibarkan bendera Partai Demokrat.
SURABAYA, JO- Partai Demokrat sudah mengakhiri kongresnya. Selain terpilihnya kembali Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai ketua umum untuk periode 2015-2020, SBY juga membacakan 5 Agenda Utama Partai Demokrat, dan 10 Rekomendasi untuk Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Agenda dan rekomendasi itu disampaikan SBY dalam pernyataan politik Partai Demokrat di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (13/5) malam.

Berikut 5 Agenda Utama Partai Demokrat dalam kurun waktu lima tahun (2015-2020) kepemimpinan SBY:



1. Modernisasi Partai Demokrat, meliputi: infrastruktur baik fisik maupun sistem dan teknologi informasi; kultur, termasuk pembinaan internal dan prilaku kader; kaderisasi, termasuk regenerasi dan peningkatan kapasitas.

2. Peningkatan kepemimpinan dan manajemen, mencakup pendidikan dan pelatihan bagi kader Partai Demokrat, atau leadership, 3-8 minggu, dengan sasaran 5 ribu kader utama, baik pusat maupun daerah selama 5 tahun. Dan peningkatan manajemen pusat dan daerah agar Partai Demokrat benar-benar menjadi partai modern

3. Peningkatan pengabdian kepada rakyat. Untuk rakyat, Partai Demokrat peduli dan beri solusi. Peningkatan pengabdian kepada rakyat akan dilaksanakan melalui kader di jajaran eksekutif, di lembaga legislatif, di jajaran struktur mulai dari pusat sampai daerah dan melalui kader Partai Demokrat melalui perseorangan.

4. Penyuksesan pilkada, meliputi pemilihan calon terbaik yang berintegritas, kapasitas, elektabilitas. Mengutamakan kader. Menjalankan pilkada langsung dengan perbaikan sesuai dengan Perppu Presiden SBY yang kini telah menjadi Undang-undang tentang pilkada langsung dengan perbaikan-perbaikan yang mendasar.

5. Penyuksesan Pemilu 2019. Sasaran Partai Demokrat adalah berjaya kembali dalam Pemilu 2019 dengan tetap melaksanakan politik yang cerdas dan beretika. Bukan politik yang buruk. Dan Partai Demokrat siap berkompetisi secara sehat dan ksatria.
      Berikut adalah 10 Rekomendasi yang Disampaikan untuk Pemerintahan Jokowi:

      1. Terus jaga dan hidupkan kembali kampanye peberantasan korupsi, karena rakyat menginginkan Indonesia makin bersih dan bebas dari korupsi, utamanya pencegahan dan tetap agresif. Cermat dan tak gegabah tetapkan orang jadi tersangka dan tetap objektif, pengadilan tetap objektif dan logis.

      2. Selamatkan institusi KPK dan Polri agar dua lembaga hukum tetap bisa melaksanakan tugasnya dengan efektif, fungsi eksekutif tak boleh terganggu hanya karena kepentingan individu.

      3. TNI dan Polri harus bebas dari politik kekuasaan agar tak khianati reformasi. Kedua pihak baik sipil dan TNI/Polri secara aktif harus tegakkan hubungan sipil militer sesuai konstitusi.

      4. Partai Demokrat mendengar aspirasi yang menginginkan Negara tetap berpihak kepada yang kurang mampu. Kami harap pemerintah kembalikan dan hidupkan kembali program pro rakyat apa pun sebutannya. Jangan sampai ekonomi kita justru menuju kapitalisme dan pasar fundamental.

      5. Pembangunan infrastruktur memang penting, tapi jangan sampai APBN terkuras hanya karena infrastruktur. Pembangunan infrastruktur tak hanya lewat APBN, tapi juga dana BUMN dan swasta. Sebaliknya alokasikan anggaran yang cukup untuk kesejahteraan rakyat untuk program kemiskinan.

      6. Jaga dan hidupkan kembali MP3EI, nama boleh ganti karena itu disusun bersama oleh Pemerintah Pusat, Pemda dan BUMN. Sebagai rencana induk, tentu harus ada perbaikan.

      7. Saat ini ada persoalan dalam ekonomi kita. Ada masalah di sektor moneter, fiskal dan riil, pemerintah dapat kelola sungguh-sungguh serta kebijakan yang tetap sehingga ekonomi tetap tumbuh dan kemiskinan berkurang. Presiden Jokowi bisa komunikasikan kebijakan pemerintah agar mengerti.

      8. Kedaulatan Negara dan keutuhan NKRI harga mati dan Partai Demokrat setuju. Jangan sampai pengelolaan hubungan internasional keliru sehingga hubungan terganggu, kedua tujuan itu penting dengan kemitraan sesungguhnya dapat dicapai.

      9. Kehidupan bernegara yang sehat atas pranata hukum dari segenap pelaku demokrasi mengalir dari semangat ini Partai Demokrat berharap agar ke depan terjalin hubungan sehat, serta hubungan antarsesama partai politik dan penghormatan terhadap kedaulatan.

      10. Kita sama-sama ketahui bahwa ciri good governance adalah kapabel, akuntabel, dan taat aturan, Partai Demokrat harap agar semua keputusan oleh pemerintah dapat dikomunikasikan ke masyarakat luas. Rakyat mengerti, di sisi lain rakyat dapat kontrol agar kebijakan itu dan perangkat Negara.

      Demokrat mendukung penuh Presiden Joko Widodo untuk melakukan perbaikan. Jika pemerintah berkenan menjalankan 10 rekomendasi tadi akan banyak lagi langkah untuk memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia. (jo-2)

      Tidak ada komentar:

      Diberdayakan oleh Blogger.