Ilustrasi
JAKARTA, JO- Ribuan bus jelek dan reot segera akan disingkirkan dari Jakarta. Bus ukuran sedang seperti yang dimiliki Kopaja dan Metromini akan diganti dengan bus yang besar seukuran bus Transjakarta.

Asal tahu saja, jumlah Kopaja yang beroperasi saat ini lebih kurang 2.000 unit, Metromini lebih banyak, mencapai 6.000 unit, dan Mikrolet dan KWK sekitar 10.000 unit.

Repotnya, kondisinya yang kebanyakan sudah tidak layak untuk dipakai, diperparah dengan ulah para sopir yang seringkali ugal-ugalan.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) di Jakarta, kemarin, bus-bus reot ini akan disingkirkan mulai Juni 2015 mendatang.

"Bus ukuran sedang seperti milik Kopaja tidak dibolehkan lagi, harus diganti dengan ukuran sedang," kata Ahok menambahkan Kopaja sudah sepakat bergabung dengan Transjakarta.

Dikatakan, dengan perubahan mulai Juni ini maka hingga 2017, bus reot sudah hapus secara keseluruhan. Jika tidak, begitu Ahok, Jakarta akan kembali sembraut.

Pada bagian lain, Ahok juga meminta aparat Dinas Perhubungan untuk berana untuk menindak bus yang ugal-ugalan dengan mencabut trayeknya. (jo-3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.