Petingi polisi di ASEAN
JAKARTA, JO - Asosiasi Kepala Polisi se-ASEAN (Aseanapol) melakukan pelatihan dan kunjungan kerja ke Polda Metro Jaya. Salah satu materi pelatihan Aseanapol ini adalah teknik investigasi yang dilakukan Polda Metro Jaya, khususnya dalam pengungkapan kasus kejahatan transnasional.

"Mereka di sini melihat, di Indonesia apa saja pelatihan-pelatihan yang menarik bagi mereka. Datang berkunjung ke Polda Metro Jaya, mereka ingin melihat pelatihan-pelatihan apa saja, apa hasilnya," ungkap Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian, di Jakarta, Jumat (30/10).

Kepala polisi negara-negara ASEAN yang hadir dalam pelatihanseperti dari Kamboja, Filipina, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam serta selaku observer dari kepolisian Australia dan Rusia. Selain di Polda Metro Jaya, Aseanapol juga melakukan studi singkat di Bareskrim Polri terkait kasus kejahatan cyber dan mengunjungi Mako Brimob Kelapa Dua untuk melihat pelatihan para militer.

Di era saat ini, sebuah hal yang wajar kerika polisi negara lain ingin mempelajari teknik pengungkapan kasus ke Polda Metro Jaya. Banyak kasus besar yang menarik perhatian publik tidak hanya di Indonesia, tetapi hingga luar negeri yang berhasil diungkap jajaran Polda Metro Jaya.

Salah satu kunci kesuksesan Polda Metro Jaya dalam mengungkap kasus berskala nasional hingga internasional adalah dengan mengedepankan teknis penyelidikan ilmiah (scientific investigation). "Penyelidikan ilmiah itu bukan menggunakan dukun dan paranormal. Kalau ada polisi yang datangi ke dukun, dia belum polisi yang scientific," kata Irjen Tito.

Polisi yang scientific melihat dan olah TKP, ada jejak-jejak darah, apakah ada sidik jarinya, gunakan Labfor untuk membandingkan. Bagaimana menggunakan logika dan mencari info menggunakan metode ilmiah. (amin)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.