Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dilakukan Marinus Gea, Senin (20/5/2025).

TANGERANG, Jakartaobserver.com- Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Marinus Gea mengajak semua pihak untuk mengamalkan sila ke-3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia antara lain dengan mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa, serta sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
 
Hal itu disampaikan Marinus Gea dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kota Tangerang, Banten, Senin (20/5/2024). Anggota DPR RI dari dapil Banten III meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan ini menjelaskan, wujud dari pelaksanaan Sila Ketiga Pancasila itu dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga di rumah maupun dalam lingkungan kerja.

“Cinta tanah air menjadi sangat penting dikobarkan saat ini, saat kita menghadapi arus informasi melalui berbagai media. Cinta tanah air menjadi kunci kemajuan kita. Cinta tanah air juga merupakan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati, dan juga loyalitas yang tinggi yang dimiliki oleh setiap individu pada negara,” katanya.

Dalam lingkungan keluarga, misalnya, sebagai anak cinta tanah air dapat ditunjukkan dengan giat belajar agar dapat membanggakan keluarga, mengembangkan perilaku hormat kepada anggota keluarga yang lebih tua dan menghargai anggota keluarga yang lebih muda, membantu berbagai kegiatan dalam keluarga, mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi, dan selalu menjaga kerukunan.

Pada bagian lain, Marinus Gea juge menejelaskan Kembali urgensi pemahaman Empat Pilar MPR RI karena berbagai persoalan kebangsaan dan kenegaraan yang terjadi di Indonesia saat ini disebabkan abai dan lalai dalam pengimplementasian Empat Pilar itu dalam kehidupan sehari—hari. Misalnya, konflik horizontal terjadi karena kita lalai pada Bhinneka Tunggal Ika.

Pemilihan nilai-nilai Empat Pilar tersebut tidak lain adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara terus dijalankan dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan, serta bersatu-padu mengisi pembangunan, agar bangsa ini dapat lebih maju dan sejahtera.
 
Empat Pilar MPR RI dipandang sebagai suatu yang harus dipahami oleh para penyelenggara negara bersama seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan berpolitik, menjalankan pemerintahan, menegakkan hukum, mengatur perekonomian negara, interaksi sosial kemasyarakatan, dan berbagi demensi kehidupan bernegara dan berbangsa lainnya. Dengan pengamalan prinsip Empat Pilar MPR RI, diyakini bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan diri sebagai bangsa yang adil, makmur, sejahtera, dan bermatabat.

“Empat Pilar MPR RI dapat menjadi panduan yang efektif dan nyata, apabila semua pihak, segenap elemen bangsa, para penyelenggara negara baik di pusat maupun di daerah dan seluruh masyarakat konsisten mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” sambung Marinus Gea. (jo4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.