Rektor IAKN Tarutung Prof Albiner Siagian bersama Bupati Toba Poltak Sitorus saat kegiatan Focus Group Discussion IAKN Tarutung Menjadi UKN Tarutung.

TAPUT, Jakartaobserver.com- Dalam rangka mempercepat proses transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN) Tarutung, IAKN Tarutung menggelar focus group discussion (FGD) yang dihadiri Bupati Toba Poltak Sitorus, pada Selasa (13/8/2024) di Hotel Balige Beach, Jalan Guru Somalain, Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).
 
Rektor IAKN Tarutung Prof Albiner Siagian menyampaikan bahwa saat ini IAKN Tarutung memiliki kurang lebih 3000 mahasiswa mulai dari jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3).

Ada tiga fakultas, satu Pascasarjana dan 17 program studi yang sudah memiliki akreditasi Baik Sekali dan Unggul. Selain itu juga terdapat empat guru besar dari berbagai bidang ilmu yang dimiliki oleh IAKN Tarutung. Harapanya dengan kondisi yang ada dapat menunjang proses perubahan status lembaga dari IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung.

"Puji Tuhan, untuk jumlah rasio dosen dan luas bangunan, IAKN Tarutung sudah memenuhi persyaratan untuk pengajuan alih status menjadi UKN Tarutung. Selain itu proses transformasi ini juga mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak mulai dari Gubernur Sumut, Bupati Pakpak Barat, Walikota Pematang Siantar, Bupati Karo, Bupati Toba, Bupati Tapteng, Wali kota Sibolga, Bupati Samosir dan PGI," ungkap Rektor IAKN Tarutung.

Pada kesempatan itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan jika Pemerintah Kabupaten Toba sangat mendukung IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung. "Diskusi ini sangat membuat sprit untuk kita semua. Kabupaten Toba sangat mendukung IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung," ungkapnya.

Bupati juga berharap jika UKN Tarutung terwujud, pasti sangat begitu besar manfaatnya untuk Kabupaten Toba. "Kami sangat menginginkan UKN Tarutung terbentuk. Dan kami juga mengusulkan, ketika ada fakultas kedokteran, kiranya didirikan di Kabupaten Toba," harapnya.

Jika UKN Tarutung terbentuk dia yakin akan menjadi universitas yang berkualitas di Sumatera utara. "Kita harus bangga jika UKN Tarutung berdiri di Tapanuli raya ini. Dan keyakinan saya, UKN Tarutung terwujud, Tapanuli Raya ini pasti akan menjadi pusat pendidikan. Mari seluruh masyarakat Tapanuli Raya kita bergandengan tangan serta berbuat semaksimal mungkin agar UKN Tarutung dapat diwujudnyatakan pemerintah," harapnya. (tulus nababan)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.